5 Daftar Universitas Jurusan Manjemen Bisnis Terbaik, dan Prospek Kariernya5 Daftar Universitas Jurusan Manjemen Bisnis Terbaik, dan Prospek Kariernya

dpmptspkabmanokwari.com –¬† Di banyak kampus, jurusan administrasi bisnis dan ekonomi terus menjadi pilihan populer. Misalnya, Departemen Manajemen Bisnis cukup ketat.

Siswa yang mengikuti ujian kelompok Soshum di SMA dapat memilih jurusan Manajemen Bisnis. Untuk tujuan menjadi manajer bisnis, jurusan ini memungkinkan mahasiswanya untuk mengikuti perkuliahan.

Teori terkait bisnis dan penerapan praktis akan dibahas. Anda akan mempelajari teknik manajemen, teori bisnis, dan kemampuan analitis spesifik kasus. Tidak mengherankan jika lulusan baru memiliki kemampuan komunikasi yang kuat untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

1. Institut Teknologi Bandung

Program studi bisnis dan manajemen untuk sarjana tersedia di Institut Teknologi Bandung untuk memenuhi kebutuhan Anda di dunia kerja. Kursus Anda dibuat menggunakan sistem Integrated Business Experience (IBE).

Terlebih lagi, kampus ITB memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk memulai usaha sendiri dengan pendanaan pinjaman bank. Keterampilan mahasiswa akan diuji di sini, mulai dari membuat proposal pinjaman yang akan diterima bank, memberikan agunan kepada bank, hingga mempraktekkan proposal tersebut.

Kebiasaan kerja mahasiswa dan pemahaman terhadap ilmu yang dipelajarinya di bangku kuliah akan berdampak besar terhadap sukses tidaknya usaha yang dijalankannya. Uang yang dihasilkan dari usaha yang menguntungkan ini nantinya akan digunakan untuk kegiatan amal. Selain itu, siswa memiliki pilihan untuk memilih jurusan dalam bidang manajemen bisnis tertentu yang ingin mereka pelajari.

2. IBII Jakarta

Institut Bisnis dan Informatika Indonesia terletak di Jalan Yos Sudarso Kav 85 No. 87, RW. 11. Sunter di Jakarta Utara. Sekolah Bisnis Kwik Kian Gie saat ini beroperasi di kampus IBII Jakarta.

Kwik Kian Gie School of Business berdedikasi untuk menghasilkan lulusan dengan kaliber tertinggi. Ini adalah sekolah bisnis dengan perspektif regional dan global.

Mahasiswa program studi manajemen akan belajar bagaimana mengatur, merencanakan, mengarahkan, dan mengendalikan bisnis dan organisasi lainnya agar suatu bisnis dapat tetap berkelanjutan.

Program Studi Manajemen sekolah ini menawarkan konsentrasi manajemen keuangan, manajemen pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia. Anda harus hati-hati mempertimbangkan pilihan Anda sebelum memilih konsentrasi karena masing-masing konsentrasi akan menawarkan peluang karir yang unik.

Anda dapat memilih jalur masuk berdasarkan prestasi akademik atau jalur USM jika Anda tertarik untuk mendaftar di Kwik Kian Gie School of Business. Terdapat program studi lain yang tersedia selain Program Studi Manajemen.

3. Universitas Gadjah Mada

Bagi mahasiswa yang ingin mengejar gelar sarjana, kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) juga menawarkan program studi manajemen. Mahasiswa akan belajar tentang teori-teori yang dapat diterapkan di dunia nyata, studi kasus, dan aplikasi pemasaran keuangan selama perkuliahan. Selain itu, SDM dan manajemen strategis akan dipelajari.

Kepemimpinan bisnis, kepemimpinan sosial, kepemimpinan intelektual, dan kepemimpinan kewirausahaan merupakan beberapa mata kuliah terkait kepemimpinan yang ditawarkan oleh UGM.

Kampus UGM menawarkan Program Studi Magister Manajemen yang akan meningkatkan kecerdasan bisnis Anda jika Anda tertarik untuk mengejar gelar master di sana.

4. Universitas Indonesia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menawarkan Program Studi Manajemen. Program studi ini telah terakreditasi dengan nilai A.

Program Studi Manajemen menawarkan spesialisasi antara lain manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia dan organisasi, dan manajemen operasi. Anda dapat memilih salah satu dari spesialisasi ini untuk dikejar selama studi Anda. Jangan khawatir jika Anda tidak ingin menekuni spesialisasi yang ditawarkan; di kampus ini, Anda bisa melalui jalur umum saja.

5. Universitas Airlangga

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNAIR merupakan tempat dimana Anda bisa menemukan Program Studi Manajemen. Di kampus ini, Anda dapat mengejar gelar profesional, magister, dan doktoral selain program sarjana. Akreditasi Prodi Manajemen UNAIR sudah berjalan hingga tahun 2025.

Fasilitas yang tersedia mulai dari pusat bisnis hingga laboratorium komputer sebagian besar sudah memadai untuk menunjang kegiatan perkuliahan mahasiswa. Bahkan, kampus UNAIR juga telah menjalin kerja sama dengan Advance Collegiate School of Business, The Association to Advance Collegiate School of Business, dan dunia usaha besar di Indonesia.

Prospek Karier Lulusan Manajemen Bisnis

Pekerjaan untuk manajemen bisnis jenis ini dipandang sangat menjanjikan dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini mungkin terjadi akibat pergeseran prioritas bisnis dari tugas operasional rutin ke pengembangan proyek sebagai akibat dari perubahan ekonomi dan teknologi.

Peluang di bidang manajemen proyek terus berkembang di Indonesia. Ribuan lowongan manajer proyek dapat ditemukan di sini jika Anda tertarik.

Sebenarnya masih banyak lagi pekerjaan yang biasa dijabat oleh lulusan manajemen bisnis selain lima pekerjaan yang disebutkan di atas.

Dengan mengembangkan keterampilan Anda dan mengikuti perkembangan terkini, Anda juga dapat meningkatkan prospek pekerjaan Anda. Berikut beberapa pekerjaan yang bisa didapatkan lulusan manajemen  bisnis.

1. Business development

Salah satu peluang kerja manajemen bisnis teratas, baik bagi pemberi kerja maupun pencari kerja, adalah pengembangan bisnis.

Pengembangan bisnis, menurut Forbes, adalah proses menghasilkan nilai jangka panjang bagi perusahaan melalui klien, pasar, dan koneksi bisnis.

Dengan kata lain, seseorang yang bekerja di bidang pengembangan bisnis bertugas menyusun strategi agar peluang pertumbuhan perusahaan dapat diciptakan oleh pelanggan, pasar, dan koneksi bisnis.

2. Entrepreneur

Siapa pun dapat memulai bisnisnya sendiri. Namun, jika Anda memiliki gelar di bidang manajemen bisnis, peluang kerja ini sangat ideal untuk Anda.

Anda pasti sudah mengetahui banyak hal tentang manajemen, bisnis, pemasaran, dan topik terkait kewirausahaan lainnya.

Hasilnya, Anda dapat langsung menggunakannya untuk pekerjaan Anda.

3. Marketing Executive

Profesi ini dapat dikaitkan dengan ibu dari semua inisiatif pemasaran perusahaan.

Lalu, apa yang membuatnya unik dari karier terkait pemasaran lainnya?

Tujuan utama eksekutif pemasaran adalah meningkatkan pendapatan dari strategi pemasaran yang mereka gunakan.

Nantinya, divisi pemasaran lain seperti pemasaran konten, pemasaran digital, dan pemasaran media sosial akan menangani aktivitas atau strategi tersebut.

4. Project Manager

Menurut instruksi tertulis CIO, seorang manajer proyek bertugas mengatur, melaksanakan, mengawasi, dan menyelesaikan suatu proyek.

Prospek lapangan kerja untuk manajemen bisnis semacam ini dipandang sangat positif dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini mungkin terjadi karena dunia usaha mengalihkan perhatiannya dari tugas operasional rutin ke arah pengembangan proyek baru sebagai akibat dari perubahan ekonomi dan teknologi.

Peluang di bidang manajemen proyek terus berkembang di Indonesia. Berikut ribuan lowongan pekerjaan untuk manajer proyek jika Anda tertarik.

Sebenarnya masih banyak lagi pekerjaan yang biasa dijabat oleh lulusan manajemen bisnis selain lima pekerjaan yang disebutkan di atas.

Dengan mengembangkan keterampilan Anda dan mengikuti perkembangan terkini, Anda juga dapat meningkatkan prospek pekerjaan Anda.